BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Di Indonesia jumlah
remaja usia 10 – 19 tahun sekitar 43 juta atau 19,61 % dari jumlah penduduk Indonesia
sebanyak 220 juta. Dan diketahui bahwa sekitar 5 % remaja putra dan 1 % remaja
putri secara terbuka menyatakan bahwa mereka pernah melakukan hubungan seksual,
Sebanyak 8 % pria umur 15-24 tahun telah menggunakan obat-obatan terlarang, dan
kasus HIV/AIDS cenderung terjadi peningkatan di kalangan Remaja, dari 6987
penderita AIDS 3,02% adalah kelompok 15-19 tahun dan 54,77% adalah kelompok
usia 20-29 tahun (Depatement Kesehatan RI, September 2006) .Tiga
hal penting ini (Seksualitas, NAPZA, dan HIV/AIDS yang lebih dikenal dengan Isu
Triad KRR) merupakan masalah yang sangat mengancam kehidupan remaja, yang harus
mendapatkan perhatian semua pihak agar tidak merusak masa depan remaja dan masa
depan bangsa.
Sebagai masyarakat
Kecamatan Mojotengah yang berperan aktif dalam menyikapi perkembangan
globalisasi khususnya pada remaja, maka dipandang perlu untuk memberikan sarana
informasi yang murah dan memasyarakat yang mampu memberikan informasi yang
benar secara berkesinambungan kepada para remaja tentang ISU TRIAD KRR, yaitu
Seksualitas, NAPZA dan HIV/AIDS yang disampaikan secara persahabatan dalam
keceriaan. Oleh sebab itu kami dari gerakan Pemuda IPNU-IPPNU Ranting Kalibeber
bekerjasama dengan Kantor KB kecamatan Mojotengah mendirikan Pusat Informasi dan Konsultasi
Kesehatan Reproduksi Remaja yang kami beri nama PIK REMAJA ASSAKINAH yang
dikelola dari remaja oleh remaja dan untuk remaja, yang berdiri
dengan latar belakang pemindahan tangan kepengurusan dari pihak Fatayat dan
Muslimat Nahdlotul Ulama PAC Mojotengah.
Sebelum PIK REMAJA ASSAKINAH
berdiri, diawali dengan sekaligus louncing dan Sosialisasi BKKBN Kec.
Mojotengah yang bekerjasama dengan PAC Fatayat dan Muslimat Mojotengah, tentang
Kesehatan Reproduksi Remaja pada Hari Minggu 09 Desember 2007 yang diwujudkan
Seminar Kesehatan dan Pembentukan kepengurusan. Setelah berjalan kurang lebih dua tahun dirasa kurang
efektif dalam pelaksanaan kegiatan dikarenakan pelaksana kegiatan (pengurus)
sudah tidak dapat digolongkan sebagai remaja, yang mengakibatkan kurangnya
efektifitas sosialisai yang ditujukan pada obyeknya. Yakni Remaja. Untuk itu
pada tanggal 04 Desember 2010 terjadi perombakan kepengurusan, yang kemudian di
handle oleh Pengurus IPNU-IPPNU Ranting Kalibeber.
Keberadaan dan
peranan PIK REMAJA dilingkungan remaja sangat penting artinya dalam membantu
remaja mendapatkan informasi yang benar dan pelayanan konseling yang cukup dan
benar tentang TRIAD KRR. Untuk diketahui bahwa pelayanan PIK REMAJA Assakinah
di Kecamatan Mojotengah diharapkan dapat sangat membantu mereka, dan sangat
perlu dikembangkan dan ditingkatkan statusnya sehingga mampu berpartisipasi
dalam membangun generasi muda yang tangguh, untuk mewujudkan Tegar
Remaja. Yang dimaksud dengan tegar remaja adalah remaja yang
berprilaku sehat, terhindar dari resiko Triad KRR yaitu Seksualitas, Napza dan
HIV/AIDS serta menunda usia pernikahan dan bercita-cita mewujudkan keluarga
kecil berkualitas, sehingga mampu menjadi contoh, model, idola dan sumber
informasi bagi teman sebayanya.
B. MAKSUD DAN TUJUAN PIK REMAJA ASSAKINAH
1. MAKSUD
Menumbuh
kembangkan dan berperan aktif dalam pembinaan remaja dengan terlibat di
berbagai kegiatan yang berkaitan dengan reproduksi remaja yang sehat secara
fisik, mental dan social kultural.
2. TUJUAN
Tujuan
yang hendak dicapai:
o
Terciptanya
wahana pendampingan, latihan dan kaderisasi remaja sebagai calon pemimpin
bangsa dan negara di masa depan.
o
Terkawalnya
tumbuh-kembang remaja sebagai generasi penerus bangsa yang sehat dan
bertanggung jawab sebagai aset negara di masa depan.
o
Terwujudnya
proses regenerasi remaja secara sehat dan berkesinambungan sesuai kaidah
kesehatan reproduksi remaja.
o
Terciptanya
sosok remaja sehat yang mempunyai kepribadian adiluhung dan mempunyai kecakapan
hidup sehingga mampu mnghadapi tantangan zaman.
C.
VISI MISI
Visi : MEMBENTUK,
MENCIPTAKAN, GENERASI MUDA YANG BERKUALITAS UNTUK MEWUJUDKAN TEGAR REMAJA
Misi:
1.
Menyelenggarakan kegiatan pemahaman mengenai
remaja dan perkembangannya.
2.
Menjadi wadah meningkatkan kreatifitas remaja dan
aktualitas diri remaja.
3.
Memberi bekal
kecakapan hidup bagi remaja.
4.
membantu memberi
solusi permasalahan remaja.
D.
MAKNA LOGO PIK
REMAJA ASSAKINAH
1.
LINGKARAN
Kebulatan tekat kami untuk menyelamatkan pemuda dan pemudi bangsa
secara kontinue.
2.
9 UJUNG MELINGKAR :
Yaitu bahwa keluarga besar pik assakinah dalam tindakannya tidak
keluar dari norma-norma agama.
Ø
1 ujung atas berarti Nabi Muhammad
Saw.
Ø
4 ujung kanan kiri atas merupakan
khulafaurrosyidin.
Ø
4 ujung kanan kiri bawah merupakan
keempat madzhab.
3.
WARNA HIJAU
Melambangkan kesuburan
4.
WARNA KUNING
Melambangkan cita-cita yang tinggi
5.
WARNA PUTIH
Melambangkan kesucian hati
6.
GAMBAR LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN
Melambangkan tidak adanya diskriminasi dalam pelayanan kami, tidak
memandang itu perempuan maupun laki-laki, yang membutuhkan kami akan ada untuk
mereka.
E.
POTENSI
Mengingat para Remaja sebagai anggota PIK REMAJA ASSAKINAH
sebagian besar adalah remaja yang masih siswa SMU, SMP dan sebagian besar dalah
remaja yang hidup dikalangan Pondok Pesantren dan Madrasah-Madrasah Diniah,
maka memiliki potensi yang amat besar untuk mempengaruhi remajaan all audience
pada umumnya sehingga mampu menjadi centra informasi Triad KRR untuk
mewujudkan Tegar Remaja dan Keluarga Berkualitas.
BAB II
RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN
A. PROGRAM JANGKA PANJANG PIK
REMAJA ASSAKINAH
1. Memantapkan
keberadaan PIK REMAJA ASSAKINAH melalui kegiatan konsolidasi, advokasi,
perluasan jangkauan dan jaringan.
2. Menggali
sumber daya melalui berbagai usaha yang sah dan dapat memberikan dukungan terhadap
keberlangsungan kehidupan organisasi dalam mencapai maksud dan tujuan
didirikannya PIK REMAJA ASSAKINAH
3. Melakukan
proses regenerasi kepengurusan organisasi melalui kegiatan pelatihan dan
kaderisasi secara periodik dan berkesinambungan.
4. Menyusun
dan menjabarkan program dari masing-masing bidang garapan sesuai dengan
kemampuan organisasi secara realistis dalam bentuk program bulanan dan tahunan.
5. Melakukan
evaluasi pelaksanaan program secara terukur dan berkesinambungan.
B. PROGRAM JANGKA PENDEK PIK
REMAJA ASSAKINAH
1. Mengupayakan
sarana dan prasarana kegiatan dan pelayanan, meliputi:
a. Perlengkapan
kesekretariatan.
b. Ruang
pertemuan.
c. Ruang
konsultasi.
d. Buku-buku
kepustakaan.
e. Peralatan
komunikasi dan akses informasi.
f. Alat
peraga penyuluhan KRR
2. Meningkatkan
kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) dalam mendukung
peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan pengorganisasi melalui pelatihan
dan pertemuan rutin pengurus.
3. Melakukan
kegiatan advokasi kelembagaan kepada instansi pemerintahan, organisasi
kepemudaan dan lembaga kependidikan (sekolah menengah dan perguruan tinggi).
4. Meningkatkan
rutinitas pelaksanaan kegiatan pelayanan informasi, konsultasi dan kegiatan
pendukung lainnya.
5. Meningkatkan
pelaksanaan pencatatan dan pelaporan kegiatan.
C. TARGET KEBERHASILAN :
1. Pengelolaan PIK
REMAJA
Dalam upaya mencapai tujuan pengembangan dan pengelolaan PIK
REMAJA di Kecamatan Mojotengah ini sangat disesuikan dengan panduan
yang ada dengan upaya penambahan inovasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
Karena kita ketahui terdapat 19 Kelurahan yang memiliki wilayah cukup luas dan
dapat menjangkau sasaran yang lebih luas pula.
2. Pelayanan PIK
REMAJA (pemberian Informasi oleh pendidik sebaya)
Yang dimaksud dengan ”Pendidik Sebaya” adalah
orang yang menjadi nara sumber bagi kelompok remaja sebayanya yang telah
mengikuti pelatihan Pendidik Sebaya KRR. Untuk di terdapat 4 pendidik
sebaya yang di bagi menjadi 2 Aktif di wilayah kecamatan Mojotengah dan juga
aktifis Fatayat Muslimat. 2 Aktif di ruang Lingkum Pondok Pesantren.
3. Pelayanan PIK
REMAJA (pemberian konseling oleh konselor)
Yang dimaksud dengan Konselor Sebaya adalah orang
yang dapat memberikan konseling KRR bagi kelompok remaja sebayanya yang telah
mengikuti pelatihan konseling KRR.Untuk terdapat 5 konselor yang aktif
di wilayah Kecamatan Mojotengah.
4. Kegiatan PIK REMAJA
lainnya
Melakukan Advokasi untuk meningkatkan kualitas dan kelangsungan PIK REMAJA
a)
Melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menarik kegiatan
remaja untuk datang ke PIK REMAJA, seperti Pentas Seni, Festival Band, Karaoke,
konsultasi kecantikan, konsultasi gizi dll.
b)
Setiap Penyuluhanmenggunakan sarana multi-media tentang
TRIAD KRR sehingga lebih menarik dan atraktif sifatnya, disamping memberikan
liflet pada remaja.
c) Secara aktif mengikut sertakan Dinas / Lembaga terkait
-
Dinas Kesehatan
-
Dinas Pendidikan
-
Dinas Pertanian
d) Membentuk Pada sekolah-sekolah yang peduli pada KRR
5. Target/rencana Jaringan
dan Dukungan PIK REMAJA
a) Ruangan khusus dan
ruang pertemuan
b) Pengelola dan
Penanggung jawab
c) Memiliki papan nama
d) 4 orang Pendidik
Sebaya yang dapat diakses
e) Jaringan dengan
pelayanan medis dan non medis
f) 5 orang Konselor
Sebaya yang dapat diakses.
g) Memiliki hotline
konseling
h) Memiliki
perpustakaan
i)
Tersedianya sarana dan prasaran untuk jaringan internet
j)
Jaringan dengan :
1) Kelompok Remaja
Sebaya
2) Orang Tua
3) Guru-guru sekolah
4) PIK REMAJA lain
k) Organisasi PIK
REMAJA (SK Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Keluarga Berencana
dan Pemerintahan Desa Kab. Wonosobo)
6.
Rencana Materi Sosialisasi
a) Kesehatan Seksual
b) Kontrasepsi
Rasional
c) MAL (Metode
Amenorhea Laktasi)
d) Hubungan AIDS, HIV
dan HIV +
e) Padu Padan Busana
Pesta remaja
f) Candiloma Akuminata
g) Disfungsi orgasme
h) Tanda-tanda akil
Balig
i)
Chancroid
j)
Candidiasis dan pencegahannya
k) Organ Reproduksi
l)
Napsa
m) dll
7.
Sumber Dana
Diharapkan Dalam
pelaksanaan kegiatan, PIK REMAJA ASSAKINAH mendapatkan dukungan dana dari APBN,
APBD melalui Kantor KB dan dari para sponsor yang ada. Dan dana ini sepenuhnya
dikelola oleh Pengelola PIK REMAJA .
0 komentar:
Posting Komentar